Pentingnya Riset Kata Kunci dalam Strategi Promosi Produk Berbasis Digital
Apa hal penting bagi anda dalam promosi produk berbasis digital? Visual yang eye-catching? Hook yang menarik? Atau script yang penuh clickbait? Ternyata salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah riset kata kunci.
Tidak hanya sedekar menargetkan audiens yang tepat, riset kata kunci juga merupakan sumber informasi mengenai kebutuhan pasar. Berikut adalah poin-poin lainnya mengenai penjelasan betapa pentingnya melakukan riset kata kunci untuk merencakan strategi produk dengan cara online.
Meningkatkan Visibilitas Online
Menggunakan kata kunci yang volume pencariannya tinggi dapat membuat konten promosi yang anda buat berada di peringkat paling atas. Hal ini tentunya memudahkan target audiens dalam menemukan konten anda berdasarkan kebutuhan dan minat. Dengan demikian, visibilitas online akan meningkat seiring tingginya traffic.
Menjangkau Target Audiens
Menentukan target audiens merupakan komponen penting dalam perencaan strategi pemasaran. Sebab masing-masing produk atau pun jasa mempunyai urgensi masing-masing berdasarkan kebutuhan pengguna.
Riset kata kunci merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk menjangkau audiens yang telah ditargetkan. Langkah ini juga dapat dilakukan untuk mengetahui search intent dari target audiens.
Mengoptimalkan Pemasaran Produk dengan Konten Berkualitas
Dalam membuat konten promosi, dukungan visual dan kerapian tatanan kalimat memang penting. Namun mengabaikan target kata kunci juga tidak boleh diabaikan.
Kata kunci ibarat gerbang yang membawa audiens menuju konten promosi yang telah dirancang. Seapik apapun visual dan narasinya, tidak ada artinya jika tidak muncul di pencarian.
Mengidentifikasi Peluang Konten
Ada banyak jenis kata kunci yang dapat menjadi topik untuk membuat konten. Topik yang sedang trending kerap membuat tingginya angka persaingan. Namun tahukah anda ada topik yang kurang bersaing namun tetap dicari oleh pengguna?
Menggunakan kata kunci dengan persaingan rendah untuk konten berkualitas tinggi merupakan strategi jitu untuk menarik search intent audiens. Tentunya untuk mengetahui kata kunci apa saja yang dimaksud, perlu dilakukan riset.
Cara Riset Kata Kunci
Lalu bagiaman caranya riset kata kunci dengan hasil yang akurat? Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan tools berbayar atau pun gratis. Contohnya adalah Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan lain sebagainya. Cara umum riset kata kunci yang bisa dilakukan adalah dengan menganalisis kompetitor dan memperhatikan search intent.